Kamis, 12 Januari 2012

Sistem Komunikasi (Frequency Modulation)

Modulasi Analog

Modulasi adalah pengaturan parameter dari sinyal pembawa (carrier) yang ber frequency tinggi sesuai sinyal informasi (pemodulasi) yang frequency nya lebih rendah, sehingga informasi tadi dapat disampaikan.
Mengapa perlu Modulasi ?
> Untuk meminimalisasi interferensi sinyal pada proses pengiriman informasi yang menggunakan frequency sama atau berdekatan.
> Dimensi antena lebih mudah diwujudkan.
> Sinyal termodulasi dapat dimultiplexing dan ditransmisikan via sebuah saluran transmisi.

Adapun fungsi modulasi adalah merubah atau menempatkan frequency rendah menjadi frequency lebih tinggi agar dapat dikirimkan / ditransmisikan melalui media transmisi.

Jenis - jenis modulasi :
1. Modulasi Analog
2.Modulasi Digital

Modulasi Analog yang umum dikenal dalam teknik ini adalah :

> Frequency Modulation (FM)

Modulasi Frequency, yaitu proses modulasi yang terjadi dengan mengubah-ubah frequency gelombang pembawa sesuai dengan perubahan frequency sinyal informasi.



> Amplitude Modulation (AM)

Modulasi Amplitudo, yaitu peristiwa modulasi terjadi dengan merubah-ubah amplitudo gelombang pembawa sesuai dengan perubahan amplitudo gelombang informasi.
· Modulasi jenis ini adalah modulasi yang paling mudah dan sederhana sederhana,tetapi mudah dipengaruhi oleh keadaan transmisinya.seperti: redaman oleh udara,noise,interfrensi dan bentuk-bentuk gangguan lainnya.
· Gelombang pembawa (carrier wave) diubah amplitudonya sesuai dengan signal informasi yang akan dikirimkan
· Modulasi ini disebut juga linear modulation, artinya bahwa pergeseran frekwensinya bersifat linier mengikuti signal informasi yang akan ditransmisikan.



> Phase Modulation (PM)

Modulasi ini menggunakan perbedaan sudut (phase) dari sinyal analog untuk membedakan kedua keadaan sinyal digital. Pada modulasi jenis ini, amplitudo dan frekuensi dari sinyal analog adalah tetap, yang berubah adalah phase sinyal analognya.
Gambar gelombang PM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

" Gunakanlah selalu kata yang bijak.. "
(Use "Anonymous" if haven't any account)