Jumat, 14 Desember 2012

The End Of Twelve

Akhirnya.....
Ehh belum berakhir sih, maksud dari kata akhirnya itu, akhirnya aku memiliki sedikit waktu luang untuk beristirahat, dan langsung kugunakan untuk "menjamah" blog hening ini, sudah terlalu lama tidak ada kalimat yang melewati blog ini, sudah terlalu lama aku tidak menghampiri dan menghiraunya..
Terlalu banyak waktu yang terbuang akhir - akhir ini untuk menyelesaikan semester berat ini, berat? No!! Sudah sering aku melewati semester -semester berat selama ini, semuanya sudah ku mulai dari tahun 2010, awal pertama aku kuliah, hingga sekarang menjelang akhir dari 2012..

Semuanya sudah kulewati baik yang senang maupun yang tidak senang. Semester ini banyak banget tugas, ampun deh, hahaha... Ada beberapa tahap sudah hampir selesai dan langkah untuk melewati semester ini sudah tinggal beberapa langkah lagi, sama halnya dengan semester ini yang hampir berakhir, 2012 pun sudah hampir berakhir, apa sebenarnya istimenya 2012 sehingga harus selalu diperbincangkan? Ini semua karena suku maya, yang meramalkan bahwa dunia akan berakhir di tahun 2012..

Well, sekaran sudah 14 Desember 2012, 14-12-12, aku sudah melewati 12-12-12, merupakan angka kembar terakhir dari sebuah kalender, ohh ternyata salah, masih ada angka 12-12-12 lainnya, tapi harus menunggu 1000 tahun untuk mencapai itu. Dua belas merupakan angka terakhir pada sebuah bulan dalam satu tahun, banyak orang yang memanfaatkan momen tanggal "cantik" tersebut. Banyak yang memanfaatkannya sebagai momen untuk melahirkan, untuk jadian, bahkan ada pula yang putus, haha..

Kilat dan petir tengah menyambar bahkan mengelegar ketika tulisan ini aku ketik, tidak ada backsound musik apapun, yang ada hanya suara dari sebuah kipas tua yang kekuatannya tidak sampai 30% dari kekuatan awalnya, pernah aku membongkarnya dengan niatan untuk memperbaiki kecepatan putaran dari baling tersebut, ternyata tidak berhasil, putarannya tetap saja berat, dan akhirnya aku pasrah saja dengan kondisi yang memang begitu keadaannya.

Kembali ke ramalan mengenai akhir dari dunia ini. Banyak dari mereka yang mempercayai dan meyakini bahwa dunia tepat akan berakhir pada 21-12-12, aku sendiri tidak mengerti tentang hal itu, banyak dari mereka yang takut tentang kiamat tersebut sudah melakukan tindakan yang diluar pikiran kita sendiri, contohnya diluar negeri sana mereka ada yang melakukan aksi bunuh diri, hal tersebut dilakukannya karena dia ingin menghindari kiamat yang orang bilang sangat mengerikan.

Satu hal yang harus kita percaya bahwa tidak ada yang bisa memprediksi ataupun meramal kapan terjadinya kiamat itu, hanya Allah yang tau tentang semua hal yang ada dilangit dan dibumi. Perbanyaklah ber amal saleh, semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT..

Dengan tidak hentinya gemuruh dilangit lalu kilatan petir terus saja menyambar dengan kencangnya membuat bibir terus saja mengucapkan kalimat ilahi, dan berakhir pula lah tulisan ini untuk malam ini, sampai jumpa di kehidupan selanjutnya..

Selesai..

Kamis, 06 September 2012

Garuda di Dada Siapa?


Badai ini, cepatlah berlalu.
Mari tafakur sejenak untuk sepak bola nasional. Dari keheningan hati, kita berharap badai segera berlalu dan sepak bola nasional kembali berdiri tegak, berlari mengejar prestasi. Tak ada kata menyerah, kendati situasi dan kondisi kian kalut. Kini, persoalan tak lagi soal dualisme kompetisi tapi dualisme tim nasional. Sama-sama mengatasnamakan PSSI, Djohar Arifin Husin dan La Nyalla Mattalitti membentuk timnas. Timnas Djohar ditukangi Nil Maizar, sedangkan timnas La Nyalla diarsiteki Alfred Riedl.
Riedl sendiri sudah menandatangi kontrak kemarin, Rabu (5/9), di The Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Sumringah, pelatih berkebangsaan Austria itu menyalami La Nyalla dan berjanji akan memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara. Dua tahun silam, Riedl membawa tim “Merah Putih” melaju ke final Piala AFF, walau kemudian kandas menjadi yang terbaik lantaran digebuk Malaysia. Dualisme timnas menyedihkan kita, karena menandakan bahwa karut marut bukannya surut melainkan kian kusut. Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng ikut prihatin, bahkan membathin. Mantan juru bicara Presiden Susilo Yudhoyono tersebut meminta agar dualisme timnas dihentikan, karena ini akan mencoreng nama Indonesia di mata internasional.
Garuda di dada siapa, sebenarnya? Bisakah kita, di saat ini, berteriak lantang seperti dulu: Garuda di Dadaku, Garuda Kebangaanku…
Peringkat Indonesia terus melorot. FIFA atau Badan Sepak Bola Dunia, lewat rilis Rabu (5/9) kemarin menempatkan Indonesia di urutan 168 dunia. Juli lalu, Indonesia masih bercokol di peringkat 153. Artinya, hanya dalam tempo dua bulan peringkat kita turun 15 tingkat. Saat ini kita bahkan sudah terlempar dari lima besar ASEAN di bawah Thailand (131), Vietnam (146),  Philipina (150), Malaysia (156) dan Singapura (161). Tragis.
PSSI terbelah, menyusul eksodusnya sebagian besar pemilik sah suara yang kemudian membuat wadah sendiri bernama Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI). Singkat cerita, KPSI selanjutnya menggelar kongres luar biasa (KLB) di Ancol, Jakarta Utara, Maret 2012 dan didapuklah La Nyalla sebagai ketua umum.
Djohar sendiri menggantikan Nurdin Halid lewat KLB di Solo, Juli tahun silam. Sayang, belum ada seumur jagung, anggota sudah berontak menyusul kebijakan dan keputusan Djohar yang dituding kerap melabrak statuta PSSI salah satunya adalah terkait peserta kompetisi sepak bola kasta tertinggi. Djohar menetapkan 24 tim, sedangkan Kongres Tahunan PSSI pada Januari 2011 menyatakan bahwa pesertanya hanya 18 tim. Ujung-ujungnya, sebagian besar pemilik suara mencabut dukungan dan menjadi seteru Djohar. Kompetisi dalam negeri pun ada dua: IPL dan ISL.
Dari sini perseteruan terus melilit. FIFA dan AFC turun tangan dan meminta dualisme harus dihentikan, jika kalau tidak Indonesia akan kena sanksi. Anjing menggonggong kafilah tetap berlalu. Seruan FIFA dan AFC dianggap lalu. Kompetisi tetap jalan, bahkan sampai usai. Di IPL, Semen Padang tampil sebagai juara. Di ISL, Sriwijaya FC menjadi yang terbaik. Dan dua-duanya, sama-sama mengklaim paling layak mewakili Indonesia di pentas Liga Champions Asia tahun depan.
AFC kemudian mengundang kedua kubu yang bertikai untuk datang ke Kuala Lumpur, Malaysia, Juni lalu. Hasilnya menjanjikan, yakni penanda tanganan nota kesepahaman (MoU). Inti MoU, menyelesaikan konflik agar Indonesia lolos dari sanksi. Dari sini terbentuklah Joint Committee (JC), beranggotakan delapan orang yang masing-masing kubu diwakili empat utusan.
Secara garis besar, JC inilah yang menjalankan tugas-tugas keorganisasian termasuk pembentukan timnas. JC melakukan pertemuan pertama pekan pertama Juli atau tak lama setelah MoU. Pertemuan dihelat di Jakarta, dihadiri semua anggota termasuk duta AFC. Usai pertemuan, JC pun mengagendakan pertemuan kedua, di mana agenda pembahasan masuk ke materi persoalan yakni soal penyatuan kompetisi dan timnas. Akan tetapi, pertemuan kerap molor digelar karena kedua belah pihak punya argumen masing-masing. Belakangan, pihak La Nyalla uring-uringan karena Djohar membentuk timnas tanpa mekanisme JC. Jengkel, La Nyalla meresponnya dengan membentuk timnas tandingan.
Boleh percaya boleh tidak, baik Djohar maupun La Nyalla sama-sama mendaftarkan timnasnya ke ajang Piala AFF 2012 yang akan digelar di dua negara, Malaysia dan Thailand, November – Desember mendatang. Keduanya juga sama-sama percaya diri kalau timnasnyalah yang akan diakui AFC, bahkan FIFA.
Sampai kapan kemelut menggelayut? Kita berharap secepatnya. Agar kita kembali satu suara menyanyikan: Garuda di Dadaku, Garuda Kebanggaanku…
Joko Driyono, CEO PT Liga Indonesia, yang juga kolega La Nyalla menyatakan bahwa pertemuan kedua JC akan digelar di Kuala Lumpur, 19 atau 20 September. Dalam pertemuan nanti akan dibahas semuanya dan kita berharap karut marut segera berakhir.

Kamis, 02 Agustus 2012

Brand New Day

" If you make someone HAPPY today, you also make him happy twenty years from now, when he REMEMBERED the incident "

Ketika usia terus bertambah maka menjadi Dewasa merupakan sebuah pilihan.
Alhamdulillah, Tepatnya Dua Puluh Tahun yang lalu telah lahir seorang bayi yang gak lucu - lucu amat akan tetapi dia lahir dengan sehat tanpa ada cacat satu apa pun. Sang bayi terlahir dari rahim seorang ibu yang sangat baik dan hebat dan juga seorang bapak yang tak kalah hebatnya.

Well, orang tua hebat yang aku deskripsikan diatas adalah kedua orang tua yang sangat aku sayangi dan bayi yang terlahir 20 tahun lalu adalah aku, kini usiaku genap sudah Dua Puluh Tahun, sebuah angka yang sangat banyak ang harus menunjukkan kedewasaan yang hebat, memiliki adik - adik yang juga baik terhadapku, aku sekarang sebenarna memiliki tanggung jawab yang besar untuk kedua orang tuaku yang sudah tidak muda lagi, diumurku yang sudah dewasa ini seharusnya aku sduah bisa membahagiakan mereka.

Well, ada satu hal yang paling tidak membuatku tidak terlalu bahagia pada ulang tahun tahun ini, kali ini aku masih jauh dari orang tua, aku masih kuliah belum sempat untuk kembali kerumah ku. Ini merupakan tahun pertama ulang tahunku tanpa didampingi mereka, aku tidak yakin bahwa ini akan menjadi yang terakhir, tapi aku sadar aku sudah tidak kecil lagi, aku pun tidak perlu untuk merayakannya, aku hanya perlu mereka ada disini makan bersama untuk sekedar mengingat momen bahwa anaknya pernah lahir dibumi ini tepatnya dua puluh tahun yang lalu. Akan tetapi aku masih terus saja bersyukur bahwa aku masih diberikan umur dan juga masih memiliki kedua orang tua yang hebat.
Alhamdulillah Ya Allah telah memberikan umur yang sangat berharga bagiku untuk terus bersujud dihadapanmu, tak peduli berapa banyak umur yang engkau berikan kepadaku nanti namun yang sangat ingin adalah hamba selalu dapat mengucapkan kalimat - kalimat atas pujian-Mu Ya Allah selalu mendapat kesempatan untuk terus beribadah kepada-Mu dan juga untuk terus mampu membuat kedua orangtuaku bangga dan bahagia terhadapku. Amiin..

Alhamdulillah, terima kasih Ya Allah atas umur yang telah kau berikan kepadaku, untuk setahun belakang yang sangat hebat, untuk semua limpahan rahmat dan berkah yang engkau persembahkan yang pastinya selalu dan tak pernah henti Engkau berikan dan akan selalu indah disetiap pagiku.Terima Kasih untuk semua jalan yang telah engkau lapangkan dan utnuk semua pintu rezeki yang telah engkau bukakan selama ini, seperti yang kita sadari bahwa rezeki itu tidak lain dan tidak bukan datangnya hanya dari-Mu Ya Allah.

Aku ingin dihari - hari selanjutnya, dimulai dari usia yang sudah sangat matang ini, aku ingin terus dan terus dapat melakukan hal yang berguna, aku ingin meninggalkan semua hal yang sangat tidak penting yang aku rasakan telah aku lakukan beberapa tahun belakangan ini. Usia yang dewasa ini adalah awal mula dari semua cita - cita yang ingin aku genggam, banyak pencapaian ataupun cita - cita yang telah aku rangkai dari kecil yang bahkan belum mampu untuk kusentuh.

Umur yang bertambah sebenarnya merupakan pengurangan dari usia kita yang telah ditakdirkan, usia kita telah diatur oleh sang maha pencipta, dengan bertambahnya usia, otomatis sisa umur kita hidup itu semakin sedikit. Maka dari itu semua yang diinginka harus segera dicapai, banyak hal yang telah aku jalani dan tak pernah henti - hentinya aku bersyukur kepada-Nya.

Aku tidak menganggap bahwa orang - orang itu memperingati "Hari Ulang Tahun" sebenarnya apa yang perlu diulang? Untuk apa itu diulang? seperti berjalan ditempat dan terus selalu mengingat masa lalu? itu tidak penting. Ynag sebenarnya bagi aku adalah memperingati hari kelahiran, hari dimana kita pernah lahir, tanggal dimana kita terlahir, menurut aku sih itu. Untuk mengulang tahun yang sama tentu saja aku tidak mau. Tentu tidak ada yang mau untuk mengulang ditahun yang sama.

Well, malam pun sudah semakin menunjukkan kekuasaannya untuk menghasilkan suatu perasaan yang biasa disebut "Ngantuk" maka diawal usia 20 ini aku berharap masih bisa bernafas dan selalu diberikan kesehatan. Untuk kedua orang tuaku Terima Kasih untuk semua yang kalian berikan selama ini. Jika ada yang berfikir bahwa seorang anak mampu untuk membalas jasa dan budi dari orang tua kita itu hanya mimpi, tak ada satu orang pun yang mampu untuk membalas kan semua yang telah diberikan orang tua, hanya sedikit rasa bangga yang bisa kita berikan kepada mereka untuk membuat mereka selalu bahagia dihari tua mereka nanti.
(02-08-1992 - 02-08-2012)

" In youth the days are short and the years are long. In old age the years are short and day’s long "

Selesai..

Rabu, 25 Juli 2012

Love Is Simple

Selamat malam para readers blog ini, jadi sebelum tulisan ini rampung aku tuh baru aja denger curhatan di @radiokancut dengan @irvinalioni sebagai announcernya. Jadi ada satu cerita gitu tentang Cinta itu ibarat kita lagi menunggu sebuah bis untuk kita menuju ke satu tujuan. Ada beberapa hal yang aku dapatin.

Jadi yang pertama adalah ada sebuah bis yang berhenti didepan kita dalam keadaan kosong tapi bisnya dalam keadaan yang tidak layak atau bisa dikatakan tidak bagus jadi kita tidak jadi menaikinya.
Lalu ada bisa yang kedua berhenti tidak jauh dari kita lalu bis tersebut dalam keadaan yang hampir penuh dan kita tidak jadi untuk menaikinya karena merasa tidak akan nyaman, dan bis tersebut pun berlalu.
Untuk yang ketiga ada lagi bisa yang berhenti tapat didepan kita tapi dengan alasan ketidak nyamanan kita batal untuk menaikinya karena bis nya tidak ber-AC. Selanjutnya kita sadar kalau kita sudah terlalu lama dan terlalu banyak menghabiskan waktu sekedar untuk menuju ketujuan kita tersebut.
Hingga sampai ke bis yang keempat dengan terburu - buru kita menaikinya dengan mengabaikan kenyamanan dengan segala macam hal - hal yang sebelumnya menjadi halangan ketika memilih, dan akhirnya kita malah bener - bener tidak merasa kan hal yang keliru karena ternyata bis tersebut tidak menuju ke arah tujuan yang diinginkan dari awal. Setelah denger cerita itu aku coba - coba untuk mengartikannya dan menyangkut-pautkan dengan masalah cinta dan hubungan.

Jika masih ada yang bingung apa hubungannya bis dengan cinta, jadi bagi aku seorang lelaki dan mengibaratkan bis adalah seorang wanita gitu, jadi biasanya aku itu terlalu banyak memilih, terlalu mencari - cari sesuatu yang dikatakan idealis atau sempurna.Bisa dikatakan bahwa kesempurnaan itu hanyalah milik Allah, kita sebagai ciptaannya tidak ada yang sempurna. Semua laki terlalu mencari yang sesuai tipe nya dengan mengabaikan apa yang kita tuju sebenarnya pada saat mencari jodoh. Aku yakin semua udah ngerti dengan bis pertama sampai terakhir, pasti. Tapi, aku mau menjelasin lagi soal bis terakhir, jadi ketika kita sudah terburu - buru memilih jodoh (biasanya karena faktor umur atau desakan pihak luar) kita akan langsung memilih terus karena semua yang sebelumnya sudah ada dihadapan kita semua kita lewati, semua kita biarkan berlalu, karena kita terlalu mencari yang sempurna, dengan berbagai faktor yang ada kita terus memilih seperti "membeli kucing dalam karung" dan hasilnya tujuannya itu berbeda entah apa pun masalah yang membedakannya.

Setelah mendengar soal bis itu jadi aku ngetweet di @rianZboy :



Setelah aku ngetweet diatas aku jadi aneh sendiri bisa gitu ya ngetweet hal yang menurut aku bijak gitu, karena sebelumnya malahan gak jelas gitu. Kembali membahas soal pilihan satu hal yang jelas yang aku tau bahwa seorang lelaki itu seringnya menentukan pilihan dengan menggunakan logika berbeda dengan perempuan yang kata oran itu menentukan pilihan lebih dengan perasaan. Alasan aku nulis tentang cerita diatas karena sadar bahwa yang aku  alami itu ternyata sama dengan cerita diatas, aku sadar kalau selama ini sering menyia-nyiakan beberapa orang yang hampir dekat ke aku dan terlalu memaksa kan mencari hal yang ideal/ sempurna, dan mulai sekarang aku akan mencoba untuk terus memilih dan pasti dengan penjajakan jangan asal.

Selesai..


Selasa, 17 Juli 2012

Happy Fasting

Assalamu'alaikum.. (Gak Jawab salam dosa lo, Ehh ape tuh komat-kamit didepan laptop, gila??)
Maaf tolong diabaikan saja ketidak warasan diatas, tapi bener kok aku ngucapin salam. Alhamdulillah yah kita bisa jumpa lagi dengan yang namanya Ramadhan, bukan Ramdhan temen aku sih, tapi ini Bulan Ramadhan, bulan yang paling spesial dibandingkan dengan bulan yang lainnya.

Jadi di bulan Ramdhan ini umat muslim diwajibkan untuk berpuasa sesuai dengan rukun Islam, jadi bulan Ramadhan ini adalah bulan yang penuh Rahmat, Berkat, dan Hidayah. Well, aku rasa kalian semua pasti tau dong apa yang harus dilakuin dan yang gak boleh dilakuin saat lagi di bulan Ramadhan dan aku pun gak perlu untuk ngebahas itu.

Tapi satu hal yang pasti kemarin tuh aku baru ngedengerin khutbah di mesjid tentang kegembiraan kita untuk menyambut bulan puasa, jadi kegembiraan yang dimaksud itu bukannya liburan ke pantai terus kita berhura - hura disana sehari sebelum puasa, tapi yang dimaksud itu yaitu kita mempersiapkan semua hal yang bisa membantu kita untuk kuat dan mampu beribadah dengan baik saat puasa nanti.

Dan kemarin aku nangkap satu hal lagi nih, kan biasanya kita bermaaf - maafan stelah puasa tuh atau lebaran, menurut penceramah nya ada sedikit kekeliruan walaupun gak salah besar sih, yang sebenarnya dianjurkan itu kita bermaaf - maafan itu sebelum puasa, karena nanti saat kita puasa itu kita benar - benar sudah tidak ada dosa terhadap sesama makhluk, lalu saat bulan puasa itu Allah memaafkan semua dosa kita, tapi satu hal yang pasti itu sebelum kita puasa kita gak bolaeh lupa untuk minta maaf kepada kedua orang tua kita, karena itu sangat dianjurkan!!

Jadi melalui blog ini aku juga mau minta maaf kepada semua readers blog ini dan mengucapkan :  

HAPPY FASTING FOR YOU ALL

Selamat menjalankan ibadah puasa dengan jiwa yang sehat semoga amal ibadah kita semua diterima disisi Allah, dan aku juga ngucapin mohon maaf lahir dan bathin, maafkan segala kesalahan baik yang disengaja ataupun tidak.

Selesai..

Kamis, 05 Juli 2012

Was Born First

Yang aku tau anak pertama itu hadir ketika sperma bertemu dengan sel telur, selama sembilan bulan ibu mengandung terlihat kemesraan yang luar biasa antara ayah dan ibu dalam penantian kelahiran anak pertama.Dan sebagai anak pertama aku mau sedikit mengeluarkan pendapat aku tentang anggapan orang bahwa anak pertama itu akan sedikit berbeda.
Ada beberapa pandangan yang muncul ketika anak pertama berlaku sedikit aneh atau emang sebenarnya konyol. “kamu pasti anak pertama” hampir setiap orang berpendapat seperti itu. Nah,,,mengapa hal ini bisa terjadi di sekitar kita? Toh anak pertama dengan anak kedua sama. Sama-sama lahir dari ibu yang sama, hanya saja waktunya yang berbeda. Ada beberapa alasan yang bisa menjelaskan mengapa semua ini bisa terjadi. Diantaranya, anak pertama tidak memiliki sosok abang/kakak di dalam keluarga. Anak pertama dituntut harus menjadi ikon keluarga untuk menjadi contoh bagi anak-anak berikutnya.

Seseorang bingung ketika bel tanda pulang sekolah berbunyi dan tidak ada satupun siswa yang beranjak keluar kelas. Siswa yang berkeinginan keluar lebih cepat jadi bertanya-tanya ketika berada dalam keadaan ini. “apa aku salah dengar bel?” apa aku salah kalo keluar sekarang?” atau memang belum boleh keluar kelas, karena menunggu sesuatu?”. Sama halnya pada anak pertama, pertanyaan yang sama muncul seketika itu dan membuat anak pertama harus mikir beberapa kali sebelum melakukan sesuatu. Terkadang apa yang seharusnya dilakukan harus ditunda karena masih ragu akan kebenaran langkah yang akan diambil. Hal tersebut akan menyebabkan anak pertama tampak bingung dan terlihat suka melamun. Hal yang berbeda terjadi pada anak kedua, anak pada posisi ini dengan mudah menyalahkan anak pertama ketika dia baru saja menjatuhkan vas bunga dari atas meja ruang tamu. “tadi kakak menjatuhkan vas yang ada di ruang tengah, sekarang adek jatuhin vas yang ada di ruang tamu dong”. Pengakuan seperti ini sering terjadi dan berakibat fatal bagi mereka yang dipanggil “kakak”. Karena kedua orang tua akan menyoroti si pemberi contoh yang tidak baik.

Hidup di bawah tekanan itu tidak mudah dan tidak enak. Percaya atau tidak, coba saja ketika kamu menjadi seorang juara lomba mengaji tingkat kecamatan. Ketika mengikuti lomba tingkat kabupaten, pasti semua orang menuntut kamu untuk jadi pemenangnya. Apalagi kalo juara dari kecamatan lain gak ikutan. Orang-orang akan banyak menaruh harapan yang akan membuat bahumu terasa semakin berat menjalani perlombaan tersebut. Ketika menang, semua akan bangga, namun ketika kamu berada dalam keterpurukan. Tidak semua akan membangunkan kamu. Itu kenyataannya. Anak pertama slalu dijadikan contoh, bahasa lebih tepatnya dipaksa untuk jadi contoh bagi anak-anak berikutnya. Hal yang tidak adil terjadi dalam percontohan di dalam keluarga. Bila anak pertama gagal, maka orang tua akan membandingkan hasil yang diraih dengan hasil gemilang yang pernah diraih oleh kedua orang tua tersebut. Atau membandingkannya dengan hasil yang diraih oleh anak-anak berbakat lainnya.

 In the other side hal bertolak belakang terjadi pada anak kedua, dia jarang sekali dibandingkan dengan mereka (orang tua), malah dibandingkan dengan anak pertama yang notabene-nya sama-sama anak. Hal tersebut akan mengurangi beratnya kepala anak kedua untuk memikirkan tentang persaingan. Dalam hal ini anak pertama cenderung lebih stress dan dituntut untuk berbuat lebih baik dalam sebuah keluarga.
Dari sekian banyak beban derita yang harus dipikul oleh anak pertama, ada juga banyak hal indah yang tidak bisa dirasakan oleh anak kedua. Nah ini dia yang dibilang “mumpung gue lahir lebih duluan”. Tentunya anak pertama sangat dirindukan kehadirannya pada setiap pasangan pengantin baru, segala sesuatu dipersiapkan semaksimal mungkin, karena dia anak pertama. Hal ini sama seperti ketika seorang mahasiswa diterima di kampus, ada begitu banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari baju, buku, sepatu, laptop, dan lain sebagainya. Namun ketika memasuki semester kedua, sepatu lama masih bangus, ngapain beli yang baru. Orang tua yang menanti anak pertama sangat berhati-hati, karena memang belum ada pengalaman tentang ini. Kalau si anak menangis, bagaimana cara mengatasinya? Bagaimana juga ketika ini dan ketika itu blab bla bla…
Persiapan menanti anak pertama yang biasa dilakukan mulai dari mempersiapkan pakaian, mainan dan lain sebagainya. Anak pertama mendapat porsi yang special. Ketika anak kedua lahir, dia masih bisa peke mainan kakaknya dan baju kakaknya juga masih bagus, kenapa harus beli baju baru. Karena pertumbuhan bayi itu sangatlah cepat yang membuat anak pertama banyak menikmati hal-hal baru dalam hidupnya.
At least, berbanggalah menjadi anak pertama, karena anak pertama sangat diharapkan untuk bisa berdiri di depan, menjadi orang yang diikuti lebih baik daripada mejadi pengikut. Dan membuat orang lain mengikuti kita tidaklah mudah. System sudah mengatur semuanya sehingga hal ini otomatis terjadi dalam kehidupan kita. Ketika dijadikan harapan untuk keluarga, maka tugas kita, buktikan kalau kita mampu, buktikan bahwasanya kita bisa. Tantangan hadir untuk dilumpuhkan, bukan untuk ditakuti atau untuk lari. Jadilah pemenang, bukan pecundang. Ketika orang-orang mengatakan anak pertama itu bego’, abaikan saja, semua itu terjadi karena keadaan, bukan bawaan.
Selesai.. 

Minggu, 01 Juli 2012

#JulyWish

Ohh well ini udah bulan July, Juni baru saja kita lewatkan, dan tanpa sadar malam  ini tweet pertama aku tuh gini :
-__-"
Buat kalian yang paling gak sesekali ke blog ku pasti dong bisa baca yang ini, yupp disitu ada alesan kenapa sampe sekarang aku belum juga bisa pulang kamfung, total udah 6 bulan deh kayaknya aku udah gak pulang ke rumah sendiri, sedih dan kangen banget itu pasti, satu harapan aku cuma baju dan foto - foto aku dirumah belum dibuang itu aja..

Kenapa harapan aku cuma gitu?? Karena bakalan sedih banget tau - tau kalo barang kita semua udah ga ditempatnya lagi, kaya seleb tuh si Raffi Ahmad, kemarin aku liat di acara gosip gitu, dia kan udah lama gak pulang kerumahnya yang di Bandung karena kesibukannya di Jakarta, jadi kamar pribadinya tuh udah dijadiin gudang gitu dan bajunya udah diterbangkan entah kemana, kata dia sih..

Akan tetapi ada juga sih hal yang bisa bikin aku seneng itu, ini kan awal July ya, berarti awal bulan kan, kalau awal bulan itu saatnya kiriman datang *heuu #kegirangan amak kost rata - rata pada seneng banget dengan awal bulan, soalnya beberapa hari sebelum awal bulan itu mereka selalu ngeluh karena udah bokek banget #pengalaman..

Walau bagaimanapun harapan aku bulan ini yang terbesar selain mendapatkan Ip yang sangat bagus #semoga, harapan aku yang gak kalah besar itu aku pingin banget bisa pulang kampung, selain punya harapan juga bisa dapet gitu minimal gebetan lah,, #EfekJomblo, padahal banyak juga wish nya ..

Well Indonesian Idol udah habis dan Agnes Monica juga udah ulang tahunnya, sekalian mau ngucapin Happy Birthday buat Agnes dan mata pun sudah berat maka saatnya kita memejamkan mata dan mengistirahatkan jiwa yang membutuhkan kedamaian ini #heemm...

Selesai..

Rabu, 20 Juni 2012

The Holiday Haven't Been

bukan kita ^-^
"Libur telah tiba, libur telah tiba, horee horee.. " ini lah sepenggal kalimat dari lagu yang saat - saat ini sering terdengar, emang ini adalah masanya untuk liburan, tapi buat mereka, bukan untuk aku. Alhamdulillah final semester genap ini udah selesai semua tapi aku mau perbaikin nilai - nilai semester sebelumnya yang lumayan HANCUR banget!! Cara satu - satunya adalah dengan ngambil SP ( Semester Pendek) ini cara yang paling efektif tanpa harus mengulang semester depan dengan junior - junior dan juga gak motong SKS, emang sih niat aku tuh udah bulat banget dan emang udah pasti ngejalaninnya, tapi yang jadi masalah ini perasaan kangen yang lebih dari BANGET sama ortu dan sodara dikampung halaman, soalnya udah hampir 6 bulanan gitu gak pulang - pulang (belum separah om Toyib sih), in my mind tuh sebelum mulai SP nya ada gitu masa liburan seminggu aja, #ehh ternyata tidak ada alias nihil.

As a result perasaan kangen itu gak bisa terbalaskan, sebenarnya bosan banget udah disini rutinitasnya kuliah - kampus - kuliah - kampus, gitu aja rotasinya, hampir gak ada waktu untuk bersantai, boro - boro mau nyantai untuk istirahat aja jarang, plan dari awal semester ini sih banyak banget tapi sepertinya akan gagal karena SP dan mau bulan Ramadhan, gagal jadi Backpacker kali ini, padahal pengen banget mau menjelajah kedaerah yang manantang gitu, misalnya Jalur Gaza.

Sebenarnya ada sih masa tenggat dari setelah final ke masa SP tapi cuma sebentar banget, kalau misalnya buat dipake pulkam sih yang ada bikin pegel badan aja deh. Dikepala bingung, bingung, dan bingung, sama kayak lagi nulis entri ini bingung yang ada mau nulis apa #hemm #abaikan.

Satu hal yang udah pasti selama beberapa minggu kedepan ini adalah aku tetap dengan kampus dan buku - buku, sementara yang lain berada disamping family mereka memanfaatkan "Family Time" yang sangat jarang dinikmati. Sejenak timbul benih - benih bimbang dalam jiwa aku, aku emang butuh banget refreshing nih sepertinya, semoga aja temen - temen mau diajak berpetualang. Saatnya nonton EURO nih..

Selesai..

Kamis, 07 Juni 2012

TKI : Jangan Abaikan Mereka

" Apakah karena warganya terlalu banyak jadi ada yang diabaikan?? So there's not that we expect.. "
Berbicara masalah kesenjangan sosial yang terjadi di Indonesia, tentu saja tak pernah lepas pemikiran kita dari pendapatan dan sumber dari pendapatan  warga negara Indonesia itu sendiri. Indonesia merupakan negara yang luas juga pertumbuhan penduduk di Indonesia berbanding lurus dan sangat lurus dengan luasnya Indonesia, maksudnya adalah walaupun dengan negara kita yang luas ini namun warganya terus saja tumbuh dan tumbuh tanpa bisa dikendalikan dan akhirnya Indonesia ini seolah menjadi 'sempit' dengan warga kita sendiri.

Dengan keadaan yang seperti ini tentu saja untuk lapangan pekerjaannya kita tentu akan mengalami masalah, artinya Indonesia tidak mampu untuk mengimbangi jumlah penduduknya dalam soal lapangan pekerjaan, terlebih lagi kemampuan dan pendidikan mereka yang rata - rata dibawah standard. Menurut saya alasan itu lah yang mendorong timbulnya warga negara Indonesia yang terbang keluar negri untuk mencari pendapatan di negeri orang yang lebih kta kenal dengan sebutan TKI. Dan menjadi "Gejala  keberangkatan TKI ke Luar Negeri"..

TKI merupakan singkatan dari Tenaga Kerja Indonesia, 'gelar' tersebut didapat oleh warga negara Indonesia yang mencari nafkah di negeri orang dengan tujuan untuk mencari keuntungan dirinya sendiri dan juga negaranya Indonesia,  yang kita tau bahwa TKI mendapatkan julukan sebagai Pahlawan Devisa Negara, selain WNI yang digaji disana negara juga mendapatkan keuntungan dari negara luar tersebut sebagai hubungan yang dikatakan mutualisme.
Namun yang terjadi sekarang ini tentu saja diluar dari angan - angan para TKI tersebut, seperti yang kita tau penyiksaan para TKI di negeri orang sana seakan sudah menjadi hal yang wajar dan layak, karena hampir semua dari mereka pernah disiksa dan diperlakukan dengan tidak sewajarnya bahkan sampai ada yang kembali ke Indonesia hanya berupa nama, sangat tragis jika kita fikirkan.

Dengan tujuan yang sangat mulia untuk membantu keluarganya di tempat asalnya, namun apa yang didapat sangat berbeda, namun seolah - olah negara mengabaikan keberadaan para 'Pahlawan' tersebut dengan membiarkan mereka disana tanpa perlindungan, kita hanya tau keadaan mereka setelah disiksa dinegeri tempat mereka mencari nafkah tersebut.
Namun dibalik kekejaman yang sering kita bayangkan yang akan diterima oleh para TKI tentu saja masih ada kebaikan dari mereka yang menggunakan jasa dari TKI kita, semua itu tergantung dari orang itu sendiri, namun juga tetap yang perlu kita ingat adalah Manusia harus diperlakukan seperti Manusia mereke bukan binatang yang bisa diperlakukan semena-mena.

Dan juga setelah mengetahui apa yang dialami oleh para TKI tersebut, ada hal yang sangat membuat saya berang, yaitu tidak adanya toleransi sebagi umat beragama antar majikan dan TKI. Berhubung saya muslim maka saya akan mengkhususkan soal TKI muslim, karena saya tidak begitu paham apa yang terjadi pada mereka yang non-muslim. Saya pernah mendengar bahwa TKI muslim tidak diberi kebebasan untuk melakuakn ibadah mereka semestinya dan yang saya tau itu terjadi di Hongkong, Singapura dan Taiwan, jadi para TKI tidak pernah diizinkan untuk melakukan ibadah, bahkan mereka tidak diizinkan untuk membawa mukena (wanita) dan juga jika ada yang ketahuan melakukan ibadah, tanpa segan mereka langsung disiksa, juga untuk masalah konsumsi para TKI, para majikan yang non-muslim tidak menyediakan makanan halal kepada para 'Pahlawan' itu, karena TKI sering hanya memakan makanan sisa dari para majikan.

Dengan segitu 'kehancuran' dan 'kebiadaban' yang diterima oleh para TKI mereka tetap saja tidak mau kembali ke Indonesia sebelum mereka merasa bahwa mereka sudah mendapatkan yang 'cukup', kenapa? Karena biarpun mereka kembali ke Indonesia, namun mereke hanya akan menjadi orang yang stress saja tanpa tau harus melakukan apa di negaranya sendiri, karena kebanyakan dari mereka tidak memiliki kemampuan apa-apa dan juga pendidikan mereka yang sangat minim. Namun walaupun begitu dengan semua yang terjadi kepada TKI, akankah para pemerintah mampu untuk membuat warganya tidak perlu lagi 'mengadu' nasib ke negri orang? Adakah solusi dari pemerintah agar tidak ada lagi TKI yang tersiksa? Begitu banyak pertanyaan yang kita ajukan untuk kemajuan negara ini.
Apabila memang TKI harus mengadu nasib ke negeri orang, hanya satu hal yang menjadi keinginan kita semua "Jangan Abaikan Mereka" mari rangkul mereke menuju kesejahteraan bagi Indonesia ..
(Buruh Migran)

Selesai..

Selasa, 05 Juni 2012

Aku Cinta Gratisan

Hari ini aku sedang "good mood" apa sebab?? Haha aku baru dapat buku gratis dari @bandarbuku bekerja sama dengan @iloveaceh #mentalgratisan..



Beberapa hari ("Beberapa hari??" iya aku lagi sibuk banget untuk ngeblog) yang lalu aku setelah pulang dari kampus mencoba istirahat sambil browsing-browsing sejenak, lalu buka twitter dan @iloveaceh ternyata mengadakan kuis dan hadiahnya adalah berupa buku dari @bandarbuku yang tengah mengadakan Pameran di Lamnyong dari tanggal 26 Mei - 10 Juni, jadi aku iseng-iseng aja deh ngejawab pertanyaan " Sebutkan akun twitter dan tanggal berapa #BandarBuku didirikan di Banda Aceh ??"

Dan jawabanku :

Horee ^_^


Sebenarnya pertanyaan dari @iloveaceh itu gampang banget, karena sebelumnya sudah ada "kultwit" tentang pameran @bandarbuku yang sedang berlangsung, jadi aku itu menang karena memang jawaban aku itu dinilai paling cepat dan tepat.. Yupp!!


Itu dia penampakan dari hadiahnya..
Meskipun udah beberapa hari ditangan tetap aja bukunya belum sempat di baca, tugas kuliah masih aku utamain..
Yang pasti buku ini tentang sejarah Aceh yangmengungkap kisah kepahlawanan di Aceh.Dari judulnya, mudah ditebak, bahwa buku setebal 204 halaman itu berisi sejarah Aceh sejak Iskandar Muda, sultan legendaris yang berhasil membawa Kerajaan Aceh berkibar-kibar di dunia internasional. Pada masa kesultanan Iskandar lah, Tanah Melayu ditaklukkan pada 1613. Putri Kamaliah, Raja Husein, Raja Raden, pujangga Melayu Tun Sri Lanang “diangkut” ke Aceh bersama 23 ribu rakyat Johor dan Pahang.


Selanjutnya buku ini merunut kembali sejarah Aceh, meski disinggung secara selintas, namun cukup memberi informasi penting. Antara lain persinggungan kerajaan Aceh dengan kerajaan-kerajaan luar yang sudah terjalin sejak masa Kerajaan Peureulak dan Samudra Pasai, dan puncaknya adalah masa Kerajaan Aceh Darussalam. Untuk selanjutnya sih silahkan baca sendiri aja deh..

Selesai..

Sabtu, 02 Juni 2012

Sunset Hunter (Alue Naga)..

"Seperti kasih seorang ibu terhadap anaknya yang sepanjang masa tugas kuliah juga seolah tanpa henti-henti"..

Sore ini ditengah kepenatan tugas kuliah dan laporan-laporan aku bersama teman-teman setelah lelah bermain bola dan menontonnya akhirnya kami memutuskan untuk mengunjungi pantai Alue Naga, dengan niatan ingin melepas penat, rileks, dan menikmati sunset yang menurutku tempat ini sangat indah untuk dinikmati saat sunset menjelang.. Memang disini tidak menyediakan berbagai fasilitas yang biasa kita jumpai di pantai - pantai lain di Aceh, dan bahkan tergolong tidak terurus, namun itulah yang sebenarnya dicari oleh orang - orang seperti aku, yang ingin mencari ketenangan untuk sekedar menghilangkan penat tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikit pun.. Dan juga tempat ini menjadi pilihan karena hanya berjarak beberapa KM saja dari kampus Universitas Syiah Kuala..

Beginilah beberapa foto pemandangan saat-saat kami menikmati suasana santai diluar aktifitas kuliah-kuliah-dan kuliah..


Belum sampai
Masih dijalan
Beberapa foto yang aku take saat masih diperjalanan, ada semacam tambak - tambak warga yang menggiring kita menuju pantai Alue Naga tersebut..

First step




Belum terbenam
Matahari nya masih sangat indah, semangat masih menggebu - gebu (lebay) untuk bisa nikmatin suasana yang jarang bisa di nikmatin..

Mau liat yang lebih oke lagi???

Kamis, 24 Mei 2012

This is about Mentality

Tadi pagi aku menyempatkan diri untuk jogging disekeliling kostan aku tinggal dan perlu untuk kalian ketahui daerah kostan aku tuh ada sebuah Rumah Sakit Jiwa, dan aku juga sempat mencoba untuk mendekat ke sekitar sana untuk melihat aktifitas mereka yang setiap pagi mengadakan senam pagi, dan aku pastinya berjumpa dengan "mereka" yang dirawat disana, maka dari itu postingan ini aku buat, aku ingin sedikit membahas tentang mental, karena menurut aku orang yang jiwa nya terganngu itu juga berhubungan dengan mental.


Seringkali kita temukan disekitar kita, banyak sekali anak yang berpotensi namun kurang mempunyai mental berani untuk menunjukkan kemampuannya. Yang mana hal ini akan mempengaruhi bagaimana pola pikir anak tersebut kedepannya. Sedangkan di masa kini diperlukan banyak sekali pencetak prestasi gemilang untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia sekalipun.

Pembentukan mental pertama kali dibentuk oleh keluarga. Gaya pendidikan tiap keluarga berbeda beda. Ada yang seakan mengekang perkembangan mental anak untuk lebih baik ada juga yang cenderung mengumbar. Masing masing mempunyai nilai plus minus sendiri sendiri.Dan menurut aku orang tua lah yang paling mengerti bagaimana cara mendidik buah hati mereka dengan benar. Dengan daya tangkap anak usia dini yang cenderung cepat, pembentukan mental itu makin cepat tertanam dan sulit untuk dirubah. Walaupun memungkinkan untuk dirubah. Baik buruk nya mental anak dalam menghadapi dunia luar tergantung pada pola pendidikan keluarga tersebut. Kurangnya sosialisasi juga memicu berlanjutnya pola pendidikan yang kurang membangun mental anak secara baik dan optimal. Kurang bergaulnya seorang anak nanti kedepannya akan menjadi masalah jika mereka berhadapan dengan dunia luar, seperti susahnya untuk berinteraksi dengan orang-orang baru.

Yang kedua dibentuk oleh lingkungan sekolahnya. Kita ketahui kurikulum pendidikan sekarang berdasarkan apa yang ditetapkan Pemerintah. Tapi yang selama ini kita ketahui, pembentukan mental tiap anak melalui proses yang berbeda. Tiap individu belum tentu mempunyai karakter yang sama dalam pengajaran.Terkadang dunia pendidikan kurang menekankan bagaimana mental yang baik. Bagaimana cara mencari ilmu yang baik. Dunia pendidikan sekarang seakan menuntut kita memperoleh nilai baik dengan apapun caranya. Baik yang halal maupun haram. Sehingga banyak sekali mental yang cenderung bobrok dikala menjelang ujian atau bahkan saat ujian tiba. Contek sana sini seakan menjadi rahasia umum yang menjadi jalan alternatif para pelajar. Jika yang masih pelajar saja sudah mencontek, bagaimana proses kepemimpinan negara ini kelak?

Bahkan pernah aku menemui seorang orang tua yang menyuruh anaknya mencontek dikala Ujian Nasional. Ini merupakan salah satu tindakan yang sangat persuasif yang mana menuntut anaknya memperoleh nilai bagus dengan cara instan. Dan apa yang terbersit difikiran kalian semua jika melihat orang tua yang bahkan mendukung (kasih duit) anaknya untuk memperoleh kunci jawaban ketika UN ? 

Tidak bisa kita prediksi bagaimana nasib mental anak Indonesia beberapa tahun kedepan jika budaya yang negatif masih merajalela bahkan mengakar. Proses sosialisasi sejak dini juga mempengaruhi mental anak. Memperkuat nilai nilai agama juga ikut andil dalam hal ini. Karena nilai kejujuran harus selalu ditegakkan.


Jika kita mencoba menghubungkan masalah mental dan kejiwaan tentu saja sangat erat karena jika kita tidak memiliki sebuah mental yang kuat untuk mengahadapi sesuatu tentu saja gangguan jiwa kita akan terganggu, contoh saja kita telah melakukan kewajiban seperti kuliah rajin, selalu datang dan benar-benar yakin bahwa kita bisa mendapatkan yang terbaik namun hasilnya mengecewakan tentu kita akan sangat menyesalinya dan bisa saja jiwa kita akan terganggu, sebenarnya aku mendeskripsikan diri sendiri dengan menjalani kuliah yang semestinya tapi hasilnya mengecewakan akan tetapi aku sadar bahwa perjuangan aku itu belum boleh berhenti dan mental itu lah yang mampu membuat aku semangat dan hasilnya aku tidak pernah "masuk" RSJ dan semoga aja tidak akan..


Selesai..  

Minggu, 20 Mei 2012

I NEED SLEEP

Heyy,,hey,,hey,, semakin lama udah jarang banget ngepost disini, kasihan nih blog gak ada yang urus, *freepukpuk*. Jangankan blog sederhanaku ini, diri aku aja udah hampir gak terurus, dengan tugas yang bergelimangan (biasa harta yang bergelimangan) waktu tidur aku aja jadi semakin absurd, gak jelas gitu, biasa jam 11-an udah tepar di kasur, tapi belakangan ini jam 1-3 pagi baru bisa tidur lelap..
Dan ini beda dengan postingan aku sebelumnya yang ini >> INSOMNIA ..

Help me..
Selain tugas yang mengakibatkan "siklus" tidur aku jadi terganggu ada lagi hal yang lainnya, yaitu berisik, yupp yang satu ini memang parah banget, kamar kost-an sebelahku tuh dihuni pendatang baru yang jumlahnya gak tanggung, 4 orang, aku aja sendiri satu kamar, nah mereka itu 4 orang, gimana sempitnya coba?? ukuran kamar tuh palingan 3*2, emang sih mereka cuma beberapa hari disitu, karena ada urusan yang aku gak mau tau, tapi beberapa harinya mereka disini tuh bikin aku kesel banget, mereka tuh orangnya gak tau diri, aku yang udah mau terlelap jam 12-an gitu, tiba-tiba aja mereka tuh pulang ke kost sambil nyanyi-nyanyi dan ketawa gede banget suaranya, gak sadar apa ya kalo itu tuh udah malam banget, dan kejadian itu gak cuma sekali-dua kali, tapi terus-terusan aja diulang sampe mereka pindah dari kamar sebelah, yupp mereka udah pergi, urusannya udah selesai kali, gak penting banget buat aku tau..

Selain mereka yang ketawa gede dan nyanyi gak jelas, ada lagi nih yang bikin aku kesel, mereka mutarin lagu tengah malam, fine kalo lagunya asik dan enak, soalnya aku juga penikmat musik, yang jadi masalahnya lagu yang diputarin tuh "POCO-POCO", iyaa lagu aneh itu, dan yang aku tau lagu yang mereka punya itu-itu aja soalnya diulang-ulang terus tuh lagu, dimana enaknya coba buat tidur?? ANEH!!..

Mau satu malam saat aku bener-bener lelah akibat aktifitas aku dan mau istirahat dengan tenang tiba-tiba lagu "absurd" itu terdengar lagi, mau aku tegor mereka dengan halus, tapi batal niatan itu, soalnya aku gak akan bisa ngomong secara halus, akan menjadi kemungkinan bahwa gigi mereka copot satu-satu kalo "ngobrol" dengan aku, soalnya itu tengah malam dan emosi gak akan bisa dikendalikan, terus disamping itu aku juga pertimbangin hak mereka, mereka emang punya hak untuk sesukanya senang-senang, tapi seharusnya mereka kan harus sadar bahwa mereka gak sedang tinggal dihutan, dan itu tengah malam, ya sudah lah mereka udah enyah pun dari hadapan aku..

Hari ini aku memang belum tidur soalnya semalam barusan nonton FINAL UCL yang dimenangkan Chelsea, trus aku keasyikan ngenet sampe tiba-tiba udah adzan subuh dan shalat, trus mau istirahat sebentar, tiba-tiba aja ada yang nyetel musik "House" gitu, terbangun aku karena terganggu, trus tiba-tiba listrik padam, dan hasilnya aku gak bisa tidur, bukan karena berisik tapi karena kepanasan..
Udah dulu deh ya, aku mau nyoba istirahat..

Selesai..

Kamis, 10 Mei 2012

Rahasia di Balik Jari Tangan



Apa makna di balik urutan tinggi jari tangan?

Tidak mudah juga untuk menjawab ini. Mungkin jawaban umumnya adalah hal itu diciptakan agar manusia senantiasa mudah menggenggam atau mencengkeram sesuatu didalam aktivitasnya.

Namun jika saya boleh membaca atas petunjuk Alquran, maka saya simpulkan bahwa rahasia dibalik tinggi jari yang berbeda-beda itu adalah merupakan TANDA perjalanan kehidupan manusia itu sendiri.

Mari kita segera telusuri.

1. Jari kelingking. (Zaman Adam)

Mengapa saya simpulkan bahwa jari kelingking adalah zaman Adam?

Kita harus pahami bahwa bahasa Alquran dibaca dengan cara dimulai dari kanan ke kiri. Dan nama Allah yang tercetak di jari kita pun, huruf Alif nya adalah jari kelingking.

Dari itulah saya simbolkan bahwa Jari Kelingking adalah zaman Adam. Karena memang Adam lah Manusia Pertama.

2. Jari Manis. (Zaman Idris)

Lihatlah gambar dibawah. Mengapa setelah Kelingking, terdapat Jari Manis yang ukurannya lebih tinggi dari Jari Kelingking itu?


Itu mengartikan bahwa kehidupan yang di jalani oleh masyarakat manusia di zaman Idris sungguh memiliki peradaban yang lebih tinggi di banding ketika zaman Adam. Alias semakin berkembang.

Tidak heran juga mengapa sosok Budha yang tergambar duduk di tengah BUNGA TERATAI adalah melambangkan bahwa TERNYATA masyarakat manusia pada zaman itu sudah mampu melakukan perjalanan sampai ke Planet terujung, yakni planet Sidratul Muntaha. (TERATAI tempat berhenti). Dan Budha adalah orang yang memang di duga sosok Nabi Idris. Dan beliau sendiri menjadi simbol Miraj bagi kaumnya pada zaman itu.

Surat 50/36 :
“Dan berapa banyaknya umat-umat yang telah Kami binasakan sebelum mereka yang mereka itu lebih besar kekuatannya daripada mereka ini, maka mereka (yang telah binasa itu) telah pernah menjelajah di berbagai negeri…“

Lebih lanjut, berbagai penemuan puluhan benda kuno namun canggih yang oleh ilmuwan disebut sebagai bukti kehebatan dari cerdasnya masyarakat zaman dahulu itu secara tidak langsung menggenapi analisa ini.

3. Jari Tengah (Zaman Nuh).

Mengapa Jari Tengah ukurannya lebih tinggi dari 2 jari sebelumnya, Jari Manis dan Jari Kelingking?


Itu menandakan bahwa kehidupan masyarakat manusia di zaman Nuh adalah zaman Puncak peradaban. Di mana segala sendi kehidupan manusia pada zaman itu telah sampai pada titik tertingginya. Namun sungguh teramat sayang ketika kemajuan peradaban tidak membawa pada arah ketakwaan, akhirnya Allah menghukum mereka -masyarakat Zaman Nuh- dengan mengirimkan bencana Banjir Dahsyat. Dari situlah akhirnya orang-orang kafir dibinasakan sementara manusia yang selamat (Nuh beserta umatnya) berkembang biak kembali dan peradaban pun di mulai dari titik 0 lagi.

Dan Jari Tengah (Zaman Nuh) pun akhirnya menjadi BATAS TOLAK UKUR antara 2 episode perjalanan kehidupan manusia. Umat sebelum Zaman Nuh dan Umat sesudah Zaman Nuh.


4. Jari Telunjuk (Zaman Ibrahim).

Mengapa Jari Telunjuk ukurannya malah menjadi lebih rendah (turun) dibanding Jari tengah?


“Dan sesungguhnya Ibrahim benar-benar termasuk golongan Nuh”

Kelebihan Zaman Ibrahim adalah Allah menjadikan sosok nabi Ibrahim ini sebagai “Bapaknya” para nabi. Dari sini beliau dijadikan figur ajaran Tauhid bagi orang-orang yang mencari kebenaran. Sebab beliau merupakan orang Paling Pemberani yang pernah ada dalam menyebarkan ajaran paham satu Tuhan.

Dari sebab itulah kenapa Telunjuk saya simbolkan dengan zaman Ibrahim, karena Jari Telunjuk memang merupakan simbol untuk penyebutan angka 1.

Surat 6/161 :
“Katakanlah : “sesungguhnya aku telah ditunjuki oleh Tuhanku kepada jalan yang lurus (yaitu) agama yang benar, agama Ibrahim yang lurus…..”
Kembali ke pertanyaan mengapa ukuran Jari Telunjuk malah lebih rendah dari Jari tengah, itu sangat jelas mensinyalkan bahwa apa yang ada pada zaman nabi Ibrahim (mulai dari ukuran tubuh manusia, ukuran kepintaran manusia, ukuran kemakmuran manusia) semuanya menjadi menyusut di perkecil oleh Allah dibanding dengan kala manusia pada waktu sebelum zaman nabi Nuh. Dan yang paling sangat tampak adalah ukuran tubuh manusia yang dari masa ke masa terus mengalami penurunan. Hingga akhirnya perjalanan waktu tersebut berlaku dari zaman ke zaman menuju sampai pada zaman Muhammad (Jari Jempol). Zaman sisa-sisa.

5. Jari Jempol (Zaman Muhammad).

Surat 16/123 :
“Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad) : “Ikutilah agama Ibrahim…”

Surat 36/2-4 :
“Demi Alquran yang penuh hikmah”
“Sesungguhnya engkau (Muhammad) salah seorang rasul-rasul”
“Di atas jalan yang lurus”.


Jari Jempol (Zaman Muhammad) adalah jari yang paling pendek dari ke empat jari sebelumnya.
Mengisyaratkan bahwa apa yang ada pada zaman ini merupakan zaman sisa-sisa kehidupan. Segala keberhasilan kita dalam bidang teknologi yang kita banggakan, tetap tidak akan pernah sanggup untuk melampaui apa yang pernah di capai oleh umat sebelumnya.

Dari itulah Alquran sering kali menegaskan jika umat sebelum kita yang segala sesuatunya lebih tinggi (lebih hebat) saja mampu dibinasakan, apalagi zaman kita !!! Zaman pengulangan !!!

Surat 56/62 :
“Dan sesungguhnya kamu telah mengetahui penciptaan pertama, maka mengapakah kamu tidak mengambil pelajaran?”

Namun disamping itu semua janganlah berkecil hati, sebab di balik rendahnya “derajat” zaman ini (zaman penghabisan) Allah tetap Maha Penyayang terhadap mahluk bernama manusia. Lihatlah betapa akhirnya Dia menurunkan Alquran melalui Muhammad sebagai kitab Ummul Ilmu (Ibu Ilmu). Sejalan dengan istilah pada Jari Jempol itu (Ibu Jari).
“Maha Suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Alquran) kepada hambaNya, agar dia menjadi peringatan bagi seluruh alam.”

(QS. Al Furqaan : 1)
Selesai..

Selasa, 08 Mei 2012

Menahan Lapar

Perasaan lapar itu manusiawi
"Berbahagialah untuk kalian semua yang masih bisa makan tepat pada waktunya"..
Sepertinya nahan lapar itu udah jadi satu kebiasaan ya untuk anak kost, kayaknya kalau belum ngerasain yang nahan lapar seharian itu bukan anak kos sejati deh, sama seperti yang aku sedang alamin ini, udah beberapa hari ini aku makannya tiap harinya cuma malam aja, bukan karena pelit, hemat, diet, atau gak ada uang, tapi aku itu udah berasa malas untuk makan, soalnya makannya gitu-gitu aja,bagi aku makanan disini udah mahal gak enak lagi, mungkin ini karena aku juga kangen ama Rumah dan masakan Bunda ..

Kalo dibilang Home Sick sih gak juga karena untuk masalah suka kangen ama keluarga sebenarnya aku gak ada masalah karena aku orangnya cuek, easy going, jadi gak terlalu kepingin balik ke rumah cepat-cepat biar yang "disana" makin kangen ama aku, jadi aku pulangnya kalo udah berhasil aja *Aaamiiiiinnn......

Selain itu, masih banyak alasan yang lain yang buat aku nahan lapar, yaitu TUGAS, yupp yang satu itu bisa bikin aku lupa dan malass banget untuk makan, bisa dibilang aku terlalu rajin, kalau belum selesai satu tugas itu aku jadi malas ngapa-ngapain, karena prinsip atau mind set aku sebelum ada masalah penting yang belum terselesaikan aku belum bisa have fun untuk ngelakuin hal yang lain, mungkin buat kalian semua ini bagus untuk ditiru, utamain segala sesuatu yang paling kamu anggap penting dulu, walaupun yaa makan itu penting juga sih untuk hidup, tapi beda ama aku..

Nah, belakangan ini seperti yang kalian tau dari beberapa postingan aku sebelumnya aku selalu mengatakan kalau aku lagi sibuk dengan yang namanya laporan, dan sayangnya bagian dari kehidupan aku yang satu itu belum juga selesai, bukannya satu laporan gak selesai-selesai, akan tetapi masalahnya begitu banyak laporan yang harus saya selesaikan dan itu harus ditulis, udah dua pack A4 yang aku habisin untuk buat laporan tangan itu, belum lagi setelah di tulis tangan harus diketik lagi untuk dosen, begitu banyak masalah(tugas) yang harus aku lakuin bulan ini..

Kembali kemasalah nahan lapar tadi, aku tau kalau itu penyakit dan aku tau kalau aku itu udah kena maag dari dulu, aku tuh pernah ya nahan lapar sampe masuk angin dan hampir tumbang deh di kampus, maksa banget, emang semenjak aku jadi anak kos berasa banget udah kurusan selain juga ada olahraga tentunya, terus ada kejadian yang lain lagi aku masuk angin karena belum makan terus jadi kentut-kentut *maaf aja deh selama dikampus, untung aja gak bau *bohong ..

Dan lagi sebenarnya nahan lapar itu gak ada bagus-bagus nya, banyak banget penyakit dan masalahnya, badan aku bawaannya lemas-loyo aja, terus merusak metabolisme tubuh, bisa-bisa karena aku telat makan tuh perut aku macam ada yang dudukin gitu ditimpa sakit banget deh..

Kalau gak salah udah empat hari ini pola makan aku lagi buruk banget, karena waktu-waktu ini adalah DeadLine dari semua tugas yang kau kerjain.Semua nya harus dikejar dan dan harus selesai dalam waktu yang sesingkatnya. Jadi deh makin sempit waktu untuk makan, Al Hasil nahan lapar lagi..

Selesai..

Kamis, 03 Mei 2012

Malam Jum'at

Ketika gelap kita tidak sendiri..
Okee selamat malam semuanya, (aku nulisnya malam).. Kali ini aku mau sedikit berbagi pengalaman tentang kejadian hari ini, khususnya kamis malam atau MALAM JUM'AT, ya malam ini MALAM JUM'AT yang terkenal sedikit "SPESIAL" gak tau deh Kliwon atau bukan, untuk menambah feelnya lebih baik kalian matikan lampu, TV, dan laptop juga, terus tidur *mulai ngaco oke aku mulai aja..

Matahari kamis baru saja tenggelam, menandakan bahwa Malam Jum'at akan segera dimulai, dan kejadian aneh ini aku dapat baru saja sebelum belum tengah malam Jum'at, kejadian ini berawal dari ketidak biasanya aku pulang terlalu telat dari main bola (setiap sore) kali ini aku pulangnya itu agak telat setelah terdengar Adzan Maghrib kami masih aja dilapangan bola, belum bergerak untuk pulang padahal biasanya sebelum Adzan "barisan" sudah bubar..

Oke Adzan MAghrib hampir selesai dikumandangakan baru satu-satu "personil" kembali kerumah masing-masing begitu juga aku langsung menghampiri pacarku motorku dan langsung pulang kerumah, NAH!! masih dalam perjalanan pulang kerumah tiba-tiba motor aku diserempet dari belakang sama cewek terus anehnya itu bukan aku yang marah aku kayak terhipnotis malah dia yang bilang gini "mampus kau, rasain" dan anehnya aku cuma diam aja gak bisa ngomong apa-apa padahal aku ini orang nya keras banget entah kenapa aku terdiam membisu tak mampu bergerak disitu, terus yang ditabrak itu bagian motor aku "GruBukk" itulah bunyinya, dan anehnya tiba-tiba aja baut di Plat aku tuh hilang satu, gimana coba untuk ngebuka nya, patah enggak, bengkok juga enggak, tiba-tiba aja gitu hilang, seharusnya kalo untuk ngebuka baut di Plat itu kan harus pake obeng dan pastinya bakalan lama. Dan aku tau pun hilangnya dari temen aku yang pulang bareng ama aku, terus oke aku sampe dirumah..

Begitu aku sampe rumah Adzan Maghrib pastinya udah selesai dan Shalat di Mesjid pun hampir selesai kedengarannya, dan aku pun masih juga memperbaiki keadaan Plat motorku tadi, karena baut nya hilang satu jadi biar gak mereng gitu aku ganti deh, aku lepasin Plat depan motor aku, aku ganti deh ama yang belakang, semoga aja gak ada masalah ama POLISI besok-besoknya..

Terus aku naik tangga masuk kekamar kost aku yang dilantai II, sambilan jalan aku liat ke jemuran utnuk ngeliat ada gak handuk aku disitu karena emang niatnya aku mau mandi (kan emang biasa siap olah raga langsung mandi, masa' iya siap olahraga langsung tidur, gerah dong) tapi handuk aku gak ada di jemuran dalam hati "pasti ada dikamar" karena terkadang aku jemur nya didalam kamar seandainya jemurannya udah penuh sama baju tetangga, tapi begitu aku masuk kekamar aku nyari handuknya ehh gak ada juga, jadi kemana dong handuk aku?? (tanya siapa??) oke aku coba nyari lagi diluar barangkali aku gak tepat liatnya tadi, tapi setelah aku cek gak ada juga kok, so?? dimana dong?? (tanya siapa??) terus aku liat dibawah (aku kan dilantai II) tiba-tiba ada tuh handuk aku didalam ember gitu terus ada sabun-sabunnya juga di ember itu, perasaan aku gak nyuci deh tuh handuk, terus walaupun aku cuci tuh handuk buat apa juga aku cuci dibawah toh diatas juga ada kamar mandi dan jemurannya juga ada diatas, terus dalam hati "ini pasti jatuh atau dijatuhin"  kurang ajar bener gimana coba mau mandi tapi handuk basah gitu?? Haaaa??!! (tanya siapa??) 


Oke lanjut, aku bersihin deh itu handuk karena aku liat ember nya tadi itu agak kotor dengan air gak jelas gitu, jadi aku bilas lagi dan aku jemur itu handuk, terus aku mandi deh, lagi asyik-asyik nya mandi tiba-tiba kamar aku tuh ada yang ngetok gitu (FYI : Kamar Mandiku didalam lho) beberapa kali, terus aku matiin air dari kran untuk mastiin bener gak ada yang ngetok terus tiba-tiba berhenti, gak ada lagi yang ngetok pintu kamar aku terus aku lanjutin mandinya dan kejadian itu berulang lagi, aku ngedenger ada yang ngetokin gitu pintu kamar aku, dan hilang lagi terus aku coba cari tau, "SIAPA??" gak ada yang ngejawab, aku sadar sebelumnya kalo dikost aku itu lagi sepi, penghuninya banyak yang belum pulang tapi aku sebelumnya belum pernah ngalamin hal yang seperti ini dan aku masih aja berfikir positif, "mungkin aku salah dengar" dan aku lanjutin lagi mandinya sampe selesai dan gak ada lagi suara ketukan yang terdengar..

Terus, siap mandi aku shalat didalam kamar dong pastinya, terus ketika sedang shalat suara ketukan itu kembali terdengar, dan aku tetap melanjutkan shalat nya sambil jantung berdegup sangat kencang, tentunya ada perasaan takut gitu, jelas-jelas gak ada orang, siapa coba yang ngetuk tuh pintu?? (tanya siapa??) dan aku tetap ngelanjutin shalat aku sampe selesai dan siap shalat seperti biasa setiap malam jum'at aku lanjut baca Surah Yasiin terus sampe selesai aku berdo'a dan sampe selesai aku nulis ini Alhamdulillah gak ada lagi kejadian aneh apa-apa semoga sampe pagi besok gak ada apa-apa..
Gimana serem gak?? emang siapa yang cerita horor?? Hahaha!! (ngomong sendiri) ..
Jadi parno-an sendiri setelah nulis dan ngebaca ini, hhiii!!

Selesai...