Rabu, 11 Januari 2012

CLOSED CONTROL LOOPS



Tujuan Praktikum :


1)   Mahasiswa mampu memahamai istilah closed control loops
2)     Mahasiswa mengetahui Trise, Trecovery, Xm, dan Xw∞
3)      Mahasiswa mengetahui hubungan antara Kp dan Steady State Error
4)     Mahasiswa mampu merangkai dan menggunakan Software LUCAS-Nulle L@bsoft

DASAR TEORI TAMBAHAN..

Sistem pengendalian loop tertutup merupakan sistem pengendalian yang keluarannya berpengaruh terhadap aksi selanjutnya ( aksi kontroler ). Berbeda dengan loop terbuka, pada loop tertutup sistem memiliki feed back, seingga keluarannya bisa dijadikan perbandingan umpan balik dan masukan untuk menentukan aksi berikutnya.


Seperti pada pengertiannya, diagram blok sistem pengendalian loop tertutup memiliki feed back. Perhatikan gambar di bawah ini. Darii gambar di bawah terliahat bahwa diagram blok sistem pengendalian loop tertutup memiliki komponen umpan balik yang akab dibandingkan oleh summing point. Pada referensi lain sinyal informasi dari kontroler dikirim dulu ke elemen kontrol akhir ( Final Control Element ) sebelum dikirim ke plant, misal control valve. Sistem ini merupakan dasar sistem pengendalian yang ada di industri, hanya saja lebih komplek. Di industri bisa saja sistem pengendaliannya bertingkat dan saling berhubungan antara satu loop dengan loop lainnya.
Sistem Loop Tertutup

Dibandingkan dengan loop terbuka kelebihan dari sistem ini diantaranya adalah dapat mengatasi ketidakpastian karakteristik plant dan hubungan antara masukan dan keluaran dari plant, ketelitian dapat selalu terjaga, dll. Disamping kelebihan itu, ada beberapa kekurangan dari sistem ini, yaitu perlengkapan lebih rumit jadi lebih mahal, instalasi sulit, respon cenderung berosilasi hingga mencapai keadaan steady - nya.

Masukan pada sistem pengendalian, baik loop terbuka maupun tertutup terdapat komponen set point, yaitu nilai keluaran yang diharapkan dari proses yang nantinya akan dibandingkan dengan umpan balik pada loop tertutup. Sehingga loop tertutup ada error yang menyebabkan aksi kontroler berbeda untuk tiap waktu bergantung pada error yang ada. Error merupakan selisih antara set point dan umpan balik dari keluaran sebelumnya. Dengan adanya perbandingan ini ( error ) membuat sistem ini bisa mencapai nilai keluaran yang diinginkan tidak seperti pada loop terbuka.

Selesai..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

" Gunakanlah selalu kata yang bijak.. "
(Use "Anonymous" if haven't any account)