Rabu, 16 November 2011

Perbedaan Mode jaringan EVDO dan HYBRID pada Modem smartfren ..


Membahas masalah modem Smartfren. Maklum baru pertama kali menggunakan modem CDMA dan langsung jatuh hati pada modem Smartfren EC1261-2 yang merupakan modem CDMA yang kenceng. Dalam arti modem ini lebih kenceng daripada modem lainnya yang sebelumnya pernah saya coba (modem GSM). Bagaimana tidak kenceng, setelah saya coba pada jaringan EVDO kecepatan download modem Smartfren EC1261-2 ini bisa sampai 200 Kbps, sempat turun naik juga sih tapi jika dirata-rata kecepatan download masih di atas 100 Kbps.
Selama ganti-ganti kartu dan provider hanya untuk berinternet, baru kali ini saya menemukan provider Smartfren yang kecepatan downloadnya paling kenceng. Saya sarankan anda mencoba modem Smartfren EC1261-2 bila ingin menikmati internet yang tidak lelet. Seperti yang dikatakan pada slogan Smartfren, Smartfren Anti Lelet, memang bukan hanya sekedar slogan tapi memang benar. Promosi ah.
Nah, jika kita lihat pada jaringan yang digunakan modem Smartfren EC1261-2, dan mungkin pada modem CDMA yang lain, terdapat 3 pilihan mode jaringan yaitu Mode 1x only, Mode EVDO only dan Mode Hybrid. Trus apa maksud dari ketiga mode jaringan tersebut? Kita akan membahas satu per satu ketiga mode jaringan tersebut yaitu Mode 1x, Mode EVDO dan Mode Hybrid.
1. Mode Jaringan 1x
Jika pada jaringan GSM bisa dikatakan mode jaringan 1x ini ada di jaringan GPRS. Pada mode jaringan 1x mendukung voice (panggilan telepon), SMS, dan paket data (internet). Jika anda mengaktifkan mode ini maka anda bisa berinternet sambil melakukan panggilan atau pun berkirim SMS. Akan tetapi kecepatan internet pada mode ini lebih rendah dibandingkan jika menggunakan mode jaringan EVDO yaitu hanya sampai pada 153 Kbps. Maklum kan diibaratkan jaringan GPRS. Jadi ya bisa dibilang sangat lemot lah.
Mode jaringan 1x biasanya digunakan di daerah-daerah terpencil yang jauh dari perkotaan dan jauh dari tower (pemancar) karena pada darah tersebut biasanya tidak menangkap sinyal EVDO. Makanya jika suatu saat anda membeli modem Smartfren EC1261-2 atau modem CDMA yang lain, setelah dihubungkan ke komputer dan instalasi selesai ternyata tidak ada sinyal yang muncul, maka anda harus merubah pengaturan jaringan dengan memilih Mode 1x only, siapa tahu di daerah anda tidak menangkap sinyal EVDO. Caranya adalah dengan memilih Tools >> Options >> Network dan pilih 1x only pada aplikasi Smartfren Connex.
2. Mode Jaringan EVDO
Jika pada jaringan GSM Mode jaringan EVDO ini ada pada jaringan 3G/HSDPA, begitu kasarannya. Kecepatan download pada mode EVDO bisa sampai 3,1 Mbps dan kecepatan uploadnya bisa sampai 1,8 Mbps (Itu janji dari providernya). Tuh kan, terpaut jauh dari Mode jaringan 1x, hampir 20 kali lipat. Sinyal EVDO hanya bisa ditangkap di daerah perkotaan, yang paling kuat ya yang dekat dengan tower.
Tapi jangan senang dulu, walaupun pada jaringan EVDO memiliki kecepatan internet yang 20 kali lebih cepat daripada jaringan 1x namun pada jaringan EVDO ini hanya mendukung paket data internet saja, jadi untuk voice (panggilan telepon) dan SMS tidak bisa digunakan. Jadi anda hanya bisa berinternet pada mode jaringan EVDO. Loh kenapa kok EVDO didesain cuma bisa untuk berinternet saja, padahal jika pada GSM jaringan 3G bisa untuk berinternet juga bisa melakukan SMS atau telepon? Kalau ini saya kurang paham sih, hanya providernya yang tahu tujuan dibuat begini.
Kalau anda membeli modem Smartfren EC1261-2 hanya ditujukan untuk menikmati layanan internet dan daerah anda menjangkau sinyal EVDO maka saya sarankan anda pilih mode EVDO only. Lagian anda membeli modem pasti bertujuan digunakan untuk berinternet, jarang atau bahkan tidak ada seseorang membeli modem dengan tujuan digunakan untuk SMS-an atau teleponan. Lucu kali ya.
3. Mode Jaringan Hybrid
Nah, kalau mode jaringan Hybrid jika disamakan denan jaringan GSM mode ini bisa dibilang adalah Dual Mode. Jadi mode jaringan Hybrid akan mengaktifkan kedua mode di atas yaitu mode 1x only dan mode EVDO only. Jadi secara otomatis jika anda memilih Mode Hybrid maka anda bisa berselancar internet dengan kecepatan yang tinggi sampai 3,1 Mbps dan juga bisa melakukan panggilan telepon dan ber-SMS.
Untuk cara kerjanya kurang lebih begini, pada mode Hybrid kedua mode di atas (mode 1x dan mode EVDO) akan berpindah-pindah otomatis antara mode 1x only dan mode EVDO only. Jadi ketika komputer anda terhubung ke internet dan mendapatkan sinyal EVDO, maka dia akan berjalan di mode EVDO dan anda bisa mendapatkan kecepatan sampai 3,1 Mbps, tapi ketika ada SMS atau panggilan telepon masuk, modem akan mengganti mode secara otomatis ke mode 1x.
Wah enak nih, pasti semua orang lebih memilih mode Hybrid dibandingakan dengan mode 1x dan mode EVDO, kan bisa berinternet dengan kecepatan tinggi juga bisa menerima SMS dan telepon. Tapi tunggu, jangan bilang enak dulu. Jika kita mengaktifkan mode Hybrid maka kita akan dihadapakan dengan beberapa kekurangan.
Seperti pada artikel saya di Cara Mengaktifkan Fitur SMS dan Panggilan Telepon Pada Modem Smartfren EC1261-2, di akhir artikel saya menyelipkan catatan bahwa menggunakan mode jaringan Hybrid ini memiliki beberapa kekurangan dan resiko yang jelek, diantaranya:
- Mode Hybrid hanya bisa dinikmati di perkotaan dan daerah yang menjangkau sinyal EVDO
- Dari cara kerja mode Hybrid di atas yang akan otomatis berpindah-pindah mode dari EVDO ke 1x atau sebaliknya bisa dikatakan kerja modem semakin berat
- Dengan kerja modem yang semakin berat akan membuat modem menjadi cepat panas bahkan bisa jadi panas yang berlebihan
- Dengan modem yang selalu panas apalagi panas yang berlebihan mengakibatkan umur modem yang tidak lama, bisa juga mengakibatkan kerusakan pada komponen di dalamnya, dan yang paling sering terjadi jika modem panas berlebihan adalah sinyal menjadi turun dan otomatis internet menjadi lemot. Kecuali anda bisa membuat modem tidak panas, ada caranya kok nanti kapan-kapan kita bahas.
Nah, itulah beberapa kekurangan jika kita menggunakan Mode Hybrid untuk modem. Saran saya sebaiknya anda pilih mode 1x atau EVDO saja. Di lihat dulu daerah anda, jika anda berada di daerah yang menjangkau sinyal EVDO maka aktifkan mode EVDO only, sebaliknya jika anda berada pada daerah yang tidak menjangkau sinyal EVDO lebih baik pilih mode 1x only.
Kesimpulan:
Setelah saya menggunakan mode Hybrid untuk berinternet memang benar mode 1x dan EVDO akan bekerja bersama-sama. Dan memang benar antara sinyal 1x dan sinyal EVDO menjadi naik turun, kadang sinyal EVDO yang turun kadang sinyal 1x yang turun. Dengan turun naiknya sinyal ini otomatis akan berpengaruh dengan kecepatan internet. Tapi kejadian seperti ini tidak mutlak terjadi pada semua orang, mungkin hanya di daerah saya saja sih, dan mungkin beda dengan daerah anda. Jadi saya hanya sekedar berbagi pengalaman kepada anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

" Gunakanlah selalu kata yang bijak.. "
(Use "Anonymous" if haven't any account)